Rabu, 12 November 2014

Intruksi Move dan Compare dalam CX programmer

Pada tulisan kali ini saya akan membahas intruksi pada cx programmer. di dalam PLC banyak intruksi yang digunakan dengan fungsi-fungsi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan kita. dan disini saya akan menulis hanya tiga intruksi yaitu Compare(CMP), Move (MOV) dan Counter.

1. MOVE

 Move adalah intruksi untuk memindahkan data dari 1 lokasi (sourcing word) ke lokasi data 2 (Destination).  lokasi yang ingin dipindahkan dapat berupa nilai ataupun memori. dalam tulisan kali ini saya akan memindahkan nilai dari memori W0 ke W1 menggunakan PLC omron CPM1A.

untuk membuat intruksi MOV ketik I pada cx programmer dan tulis MOV #5 W0 untuk memindahkan nilai 5 hexa ke dalam memori W0, MOV &10 W0 untuk memindahkan nilai 10 desimal ke alamat W0, dan MOV W0 W1 untuk memindahkan nilai memori di W0 ke Memori W1.

ket:
 MOV : intruksi move dalam cx designer
#          : menandakan Nilai dalam bentuk Hexadesimal
&         : menandakan nilai dalam bentuk Desimal.

untuk programnya kita akan lihat dibawah ini :

                                        Gambar 1. MOV nilai 30 hexa ke dalam memori W0
dan untuk melihat nilai yang berubah dalam memori W0 bisa dilihat dalam video di bawah ini :







Dari video diatas kita dapat melihat perubahan nilai yang terjadi pada memori W0 dari 0000 menjadi 0030.

2. Compare

compare adalah perbandingan antara suatu nilai dengan nilai terentu, alamat dengan alamat dan nilai dengan alamat. untuk membuat Compare pada CX programmer tekan I dan CMP .

Contohnya adalah jika kita ingin menjalankan salah satu dari tiga buah pompa dan untuk menjalankannya harus ada parameter dan pembanding yang lebih besar, lebih kecil, sama dengan. Dalam contoh Compare disini saya menggunakan CJ1M dan memori yang dijadikan pembanding adalah W0 dan W1.

                                              Gambar2 intruksi Compare

Dilihat dari gambar diatas kita dapat melihat memori W0 di bandingkan dengan memori W1 untuk menentukan pompa mana yang akan bekerja. jika nilai di memori W0 lebih kecil dari nilai di memori W1 maka pompa 1 yang akan jalan. dan bila W0 sama dengan W1 maka pompa 2 yang akan jalan. begitu seterusnya. Untuk lebih mengerti cara kerjanya dapat dilihat pada video di bawah ini :





sekian tulisa saya tentang intruksi compare dan Move untuk pemograman PLC menggunakan ladder diagram

5 komentar:

  1. terimakasih, semoga berkah ilmunya

    BalasHapus
  2. sangat membantu tapi kurang lengkap keterangan nya sama videonya

    BalasHapus
  3. Sekali lagi terima kasih banyak tapi koment ku sebelumnya itu hanya masukan saja jika seandai nya mau tulis blog lain nya.

    BalasHapus