Jumat, 05 Desember 2014

membuat ladder diagram berdasarkan wiring diagram

Ladder Diagram (LD)  adalah salah satu bahasa pemograman PLC yang umum digunakan dalam pemograman PLC.kali ini saya akan menulis tentang penyederhanaan rangkaian listrik menjadi ladder diagram. maka jika teman-teman sudah mengerti tengtang pembuatan ladder diagram yang berasal dari rangkaian kontak maka akan memudahkan teman-taman dalam membuat ladder diagram.


Oke deeh.. langsung saja dengan penjelasan sederhana saya yahh..! 

wiring diagram yang akan digunakan adalah rangkaian star stop. perhatikan rangkaian di bawah ini:

                                                             Gambar 1 Rangkaian star stop
Dari gambar wiring diagram start stop diatas, secara tidak langsung saya sudah memberikan gambaran dasar tentang ladder diagram.  untuk lebih memahami teman-tdeman baca dulu tulisan yang pernah saya bahas pada http://elektro-09.blogspot.com/2014/09/ladder-diagram.html pemahaman antara gerbang logika dan ladder diagram.
dan untuk  ladder diagramnya teman-teman semua dapat melihat di bawah ini :



                                                  Gambar 2 Ladder diagram star stop


seperti teman-teman yang bisa bandingkan diatas dari gambar rangkaian start 1 dan NO pada C1` di paralel maka untuk di konversi ke ladder start 1 dan NO pada C1 di OR begitu juga untuk start 2 dan C2. selanjutnya untuk stop di seri sengan star 1 dan star 2 maka untuk di ladder stop di and ke star 1 dan star 2. NC pada C1 (1000) di seri dengan output 10.00 dan star 1 maka untuk di ladder di and dengan star 1 dan output 10.00 begitu juga NC pada C2





Tidak ada komentar:

Posting Komentar