Jumat, 05 Desember 2014

membuat reverse dan forward motor 3 fasa menggunakan INVERTER

dalam tulisan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat motor dapat forward dan bias dengan menggunakan inverter.

sebelum ke rangkaiannya kita pelajari dulu alat apa saja yang digunakan dalam membuat rangkaian ini, yaitu satu buah inverter, 2 buah relay satu untuk forward dan satu untuk reverse, dan 2 buah limit swicth.
ket :
LS = Limit switch
INV = Inverter
R= Relay

pertama kita akan membahas inverter :

apa itu unverter ?  inverter adalah alat yang mempunyai banyak fungsinya seperti mengatur kecepatan motor dengan merubah frekuensinya atau membuat program agar motor dapat bergerak forward dan reverse. di dalam inverter sama seperti PLC mempunyai banyak terminal yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. untuk membuat motor dapat foerward dan reverse kita hanya membutuhkan terminal com, forward dan bias pada inverter.

                                                                 Gambar 1 Inverter

untuk contoh wiringnya dapat dilihat gambar di bawah ini :
                                                   Gambar 2 wiring ke inverter

dari gambar diatas dapat kita lihat terminal inverter yang digunakan untuk membuat motor dapat revere dan forward hanya terminal forward, reverse dan com. untuk forward di sambungkan dengan NO pada relay 1 dan reverse pada NO pada relay 2.

alat yang digunakan selanjutnya adalah relay. relay adalah komponen yang dapat memutus dan menyambung aliran arus listrik ke suatu alat yang disesuaikan dengan control yang kita inginkan.
 relay sendiri banyak macamnya dan catuannya. ada yang menggunakan catuan AC dan DC hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan.

                                                                Gambar 3 relay

dan wiring untuk relay yang digunakan untuk rangkaian reverse dan forward dapat dilihat di bawah ini :

                                                Gambar 4 wiring untuk Relay

seperti yang dapat lihat diatas relay mempunya beberapa pin NO com, dan NC. untuk membuat forward dan bias kita hanya memerlukan dua pin dari relay yang satu untuk menyambungkan forward dan com inv dan satu lagi untuk NC dari limit switch  dengan NC dari relay 2.

dan komponen yang terahir adalah limit switch yang berfungsi sama seperti push button tetapi limit swicth mempunyai pin NO dan NC, pada saat di tekan NO akan menyambung sedangkan pada saat tidak ditekan NC yang akan tersambung.

oke langsung saja ...

dari beberapa komponen diatas kita dapat menggabungkannya menjadi rangkaian listrik untuk membuat motor forward dan reverse .

                          Gambar 5 rangkaian listrik forward dan reverse pada motor

seperti kita bisa lihat diatas pada saat LS 1 aktif maka R1 aktif dan jika LS 2 aktif maka R2 aktif dan R1 akan mati, begitu juga sebaliknya. dengan rangkaiaan ini maka R1 dan R2 tidak dapat aktif dan mati bersamaan.

sekian dari saya semoga bermanfaat :)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar