Kamis, 30 Oktober 2014

Plc Omron CPM1A series

Omron adalah salah satu Perusahaan jepang yang bergerak pembuatan PLC. banyak produk PLC dari omron yang bertipe compact dan modular.  Dan salah satu dari produk Omron adalah Plc cpm1a. Plc ini mempunyai jumlah I/O minimal 10 dan maksimal 40 untuk bertipe compact. Plc jenis ini bisa menggunakan CPM2C-PA201 sebagai power supply, dan RS-232 atau RS 422 sebagai komunikasi serial.

berikut gambar PLC CPM1A :

                                                            Gambar 1 PLC Omron CPM1A

Dari gambar diatas kita dapat lihat kalau salah satu jenis CPM1A mempunyai 10 I/O. untuk input AC plc ini mempunyai port L1 untuk fasa dan L2/N untuk netral. dan untuk DC atau digunakan untuk sensor PLC ini mempunyai port positif dan port negatif.

untuk jenis plc CPM1A sangat banyak tipe dan jenisnya, untuk itu kita harus bisa membaca jenis /tipe dari plc omron agar kita dapat membeli plc yang sesuai dengan spec yang kita inginkan. dan salah satu contoh adalah CPM1A-20CDR-D-V1.

dari tipe diatas kita dapat membaca :
CPM1A : jenis PLC.
20  : jumlah I/O
CDR   : Relay output
D    : DC power supply

dan untuk output dalam PLC ada yang mejenis singking dan sourcing. untuk singking output ditandai dengan T dan untuk sourcing output ditandai dengan T1. salah satu dari singking adalah CPM1A-20CDT-A-V1 dan untuk sourcing output adalah CPM1A-20CDT1-A-V1.  untuk lebih lengkapnya jenis-jenis PLC CPM1A http://www.omron-ap.com/products/family/43/lineup.html.













































Tidak ada komentar:

Posting Komentar