Selasa, 14 Oktober 2014

Fungsi Timer dalam PLC




Timer adalah salah satu fungsi di dalam pemograman PLC. Fungsi timer ini banyak sekali digunakan karena kita mampu mendelay atau mengatur kapan sesuatu dapat berjalan/dihentikan dengan menggunakan timer. 


Nilai Timer/Counter pada PLC bersifat countdown (menghitung mundur) dari nilai awal yang ditetapkan oleh program. Setelah hitungan mundur tersebut mencapai angka nol, maka kontak NO Timer akan bekerja.
timer bersifat aktif low, yaitu ON disaat 0 dan OFF disaat 1.Timer mempunyai batas antara 0000 sampai dengan 9999 dalam bentuk BCD (Binary Code Decimal) dan dalam orde sampai 100 ms.


Gambar 1. Simbol Diagarm blok TIMER
untuk memanggil fungsi timer menggunakan CX programer dapat mengllik new plc intruction dan klik TIM. untuk N pada gambar 1 adalah nomor TIM dan untuk SV adalah nilai set value yang nilainya tergantung dari user sesuai dengan kebutuhan.

okee langsung saja, disini saya akn membuat traffic light  menggunakan timer. 






 Untuk membuat Trafic light ini saya menggunakan 3 buah timer yang mempunyai set value berbeda-beda. dan untuk mencoba simulasinya anda dapat mencoba menggunakan cx designer.
disini anda bisa melihat bagaimana jika program diatas disimulasikan di dalam cx designer


 divideo kita dapat lihat bagaimana lampu merah ,kuning dan hijau menyala secara bergantian sesuai dengan SV timer yang kita berikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar